Mari berbagi ilmu pengetahuan

maruasabogor.blogspot.com

Monday 22 June 2015

Tips dan Trik mengoptimalkan Smartphone Android yang nglag atau hank

 Bagi anda pengguna smartphone lawas atau teranyar sekalipun terkadang merasa jengkel atau khawatir dengan keadaan handphone yang anda punya tiba-tiba nglag,hank,panas,baterai cepat habis atau terkadang merestart sendiri.

Jangan panik dan buru-buru membawanya ke service center atau ke tempat jasa service yang anda percayai.
Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah seperti dibawah ini:

1. Gunakan aplikasi pembersih Ram

Anda bisa mendownload dan memasang aplikasi-aplikasi tersebut di jasa aplikasi yang sudah tersedia seperti Playstore,kemudian instal dan jalankan,contoh seperti aplikasi yang sudah mendapat ratting tinggi dan dipercaya ribuan pengguna smartphone yaitu Clean Master.
Usahakan jangan mendownload aplikasi diluar Playstore sebab bisa menyebabkan rentannya gadget yang anda miliki terkena virus dan aplikasi non kompatibel yang bisa membuat gadget anda nglag atau hank dikarenakan salah satu penyebab aplikasi yang tidak kompatibel tersebut.
Tidak hanya itu aplikasi pembersih Ram seperti ini sebetulnya sangat diwajibkan bagi pengguna karena selain menetralisir ram yang berlebih akibat data-data di gatget yang sering kita gunakan browsing kesana-kemari,bermain game bahkan berpoto ria lama kelamaan salah satunya yaitu Ram semakin penuh ,apalagi bagi anda pengguna gatget yang notabene memiliki ram kurang dari 1 giga bite itu akan cepat sekali penuhnya dan menggangu kinerja smarphone anda.tapi bagi anda yang memiliki ram lebih dari 1 giga bite pun jangan senang dulu,sama saja andapun wajib dan sesering mungkin untuk membersihkannya agar smartphone anda tetap optimal.

2. Restart dan cabut baterai

Mungkin sebagian orang menganggap hal ini tidak layak dilakukan,mengingat smartphone jenis android ini memiliki Os yang berbeda dengan Os Blackberry yang sering dan bahkan diwajibkan bagi pengguna Blackberry merestart dan mencabut baterai.
Sebenarnya ini sangat menjengkelkan sekali,terkadang ada perintah seperti itu ketika kita menginstal aplikasi dan lain sebagainya.
Namun bagi anda pengguna smartphone android tidak ada salahnya melakukan hal ini sesekali atau setiap 2 minggu sekali agar kinerja gatget anda tetap optimal karena jika anda melakukannya salah satu penyebab melambannya gatget anda sudah teratasi karena ,

bisa mendinginkan suhu panas pada baterai dan mesin smartphone anda,membersihkan chache dan choky pada data seluler operator gsm yang anda percayai,karena arus lalu lintas yang padat sehingga smarphone anda lamban dalam berselancar atau berinternetan dan kemudian mampu mengurangi Ram yang semakin menumpuk.

3. Bersihkan secara manual

Sebagai contoh membersihkan manual adalah seperti ini :

Masuk ke Setting > pilih aplikasi > pertama pilih aplikasi yang di Unduh,kemudian buka satu persatu aplikasi tersebut dan perhatikan apakah setiap aplikasi yang anda miliki atau anda instal memiliki chahe ? Jika ya hapus chace tersebut.
Karena akan mampu membantu memperlancar aplikasi tersebut.
Kemudian selain chace anda perhatikan apakah data dalam aplikasi tersebut sudah lebih dari data aplikasi sebetulnya?
Contohnya saja aplikasi blackberry yang pada saat anda install memiliki
Ukuran data 16 mb, namun karena anda sering menggunakannya dan anda perhatikan ukurannya bertambah misalnya jadi 98 mb,itu anda boleh membersihkan atau menghapus data tersebut agar aplikasi blackberry anda semakin optimal,namun dengan catatan jika anda menghapus data tersebut kemungkinan besar data akun blackberry anda akan terhapus dan anda diharuskan login kembali,jadi anda harus benar-benar siap menghapusnya jangan sampai email akun bahkan pasword bbm anda lupa.begitu juga dengan aplikasi yang lainnya anda bisa menggunakan cara ini.
Setelah anda selesai melakukan pengecekan pada aplikasi unduhan,sekarang anda masuk ke dalam aplikasi yang berjalan,setelah anda buka akan banyak ram dari tiap aplikasi-aplikasi yang berjalan atau yang sering anda buka dan lihat kebawah layar anda akan ada tabel informasi sisa ram dan ram yang berjalan.
Jika ram yang berjalan kurang dari 90 mb itu sangat sangat ngiris sekali karena ram di bawah 90 mb itulah yang sering membuat gatget anda jadi lemot,hank bahkan merestart sendiri.
Langkah membereakannya adalah ,matikan dulu jelajah data atau data internet anda kemudian masuk kembali ke dalam aplikasi yang berjalan tersebut kemudian stop atau hentikan tiap aplikasi yang ditampilkan,lakukan sampai aplikasi yang ditampilkan habis terhapus atau menghilang sampai tersisa stop atau hentikan menu Settingan.
Tenang,cara ini tidak akan merusak gatget anda atau bahkan mengganggu aplikasi anda,melainkan cara ini bisa dengan cepat membunuh ram yang berjalan secara berlebih.
Setelah selesai reboot atau restart hp anda dan perhatian apakah cara ini jitu?
Jika ya! Good job!"
Hehe..
Jika tidak! Saya rasa tidak mungkin,karena cara ini ampuh sekali dan sering banyak orang melakukannya dan Insya Allah gatget anda akan sembuh dari lemot dan lain sebagainya..

Sebenarnya masih banyak cara yang lainnya,namun karena sudah larut lain kali saya bantu share lagi..
Semoga artikel ini dapat membantu anda.

No comments:

Post a Comment