Mari berbagi ilmu pengetahuan

maruasabogor.blogspot.com

Thursday 11 June 2015

Hati-Hati Penipuan Promo Teh Gelas

Halo para pembaca www.blogger.com dan para netizen lainnya.
Saya ingin sedikit berbagi tentang penipuan berkedok promo dari minuman Teh Gelas.
Begini ceritanya:
2 hari yang lalu selasa 9 juni 2015 keponakan saya yang bernama Aji usia 10 tahun sedang bermain dihalaman rumah bersama teman-teman-
nya,tiba-tiba dia menemukan sebuah bungkusan kertas kecil lalu membukanya,setelah dibuka bersama teman-temannya mereka saling bersorak kegirangan dan lari terbirit-birit dengan antusias memanggil-manggil Mamanya."
Setelah Mamanya menghampiri dan menanyakan ada apa,si Anak tersebut menceritakan bahwa dia menemukan bungkusan berisikan 3 potong kertas undian promo Teh Gelas."Mamanya kemudian mengambil dan membukanya,ada satu kertas kecil yang bernamakan KUPON ASLI kemudian digosok dan isi didalamnya ada tulisan mobil Xenia. tak lama kemudian ibu nya pun ikut heboh dan memberitahukan orang-orang yang ada disekitar bahwa anaknya menemukan kupon undian dan ingin segera mengurus syarat-syarat yang diberitahukan di di salah satu kertas tersebut.
. Kertas pertama berisikan info surat Pemberitahuan Pemenang.
. Kedua surat Keterangan dari Kepolisian.
. yang terakhir kupon gosok yang berhadiah mobil Xenia.
Karena saking senangnya ibunya tanpa pikir panjang,tanpa meminta saran dari orang-orang dan tanpa memikirkan resikonya dia langsung menghubungi nomor yang tercantum di kupon tersebut.
yang menjawab telepon operator seorang laki-laki dan menjelaskan syarat-syarat pengambilan hadiahnya,terakhir operator tersebut meminta sejumlah uang sebesar Rp 7.900.000,- ( Tujuh Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah ) .
dikarenakan beralasan uang tersebut pajak undian yang harus dibereskan terlebih dahulu.
Ibu dari anak itu menyanggupi persyaratannya dan dia berfikir bahwa dia bisa mencari pinjaman dari orang agar hadiahnya tersebut cair.
Tak lama dia ibunya atau bisa dibilang Tante saya datang kerumah dan meminta bantuan saya agar meminjamkan uang sebesar syarat yang sudah ditentukan dan menceritakan dia mendapatkan undian mobil Xenia.
Lalu saya dengan santai menanyakan kronologi bagaimana tante saya ini bisa dapat kupon undian ini,setelah saya periksa satu persatu sepertinya banyak kejanggalan,kertas pertama Surat Pemberitahuan Pemenang spertinya meragukan sebab,legalisir dan tan-
da tangan bukan cap asli basah dan bertinta
melainkan cap paten dan tanda tangannya pun sama,seperti hasil dari scanner.
surat kedua pun sama halnya seperti itu,
yang terakhir yang lebih mencurigakan lagi
Kupon undian tersebut berisikan info kontak telpon yang wajib dihubungi."
kemudian saya tidak tinggal diam,saya cari informasi dan browsing mencari kontak suara konsumen produk Teh Gelas tersebut mencari tahu kebenarannya tentang hadiah tersebut.alhasil operator dari PT Orang Tua menginformasikan bahwa produk teh gelas sedang tidak ada sebuah promo seperti itu,adapun promo dari Teh Gelas adalah promo Teh Gelas jenis Botol dan info hadianya berada ditutup botol promonya tersebut dan tidak ada sistem cara pembayaran pajak melalui pembayaran via transfer seperti Tante saya alami ini.
Setelah saya jelaskan kepada tante saya akhirnya dia mengerti dan meminta maaf karena ketidak tahuannya.
dia hanya mengeluh dan berkata " mungkin tante memang bodoh hampir ketipu".
Berkaca dari pengalaman diatas sepertinya orang-orang yang sudah terkena sugesti akan mendapatkan uang banyak menjadi lupa pada logikanya sendiri sampai-sampai yang namanya penipuan seperti ini bisa terjadi.
Maka dari itu bagi anda mengalami hal seperti ini sebaiknya jangan terlalu heboh dulu perhatikan dengan seksama,jangan sampai anda tertipu oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti ini.
Sekali lagi saya beri saran,jika mengalami hal seperti ini atau anda memang mendapatkan hadiah dari sebuah produk lebih baik telpon kontak suara konsumen aslinya cari di internet nama dan nomor kontak produknya,pasti ada kok." dan jangan anda menghubungi nomor telpon yang disediakan seperti di kupon palsu tersebut.
dan juga perhatikan baik-baik salah satu produk  promo berhadiah tidak meminta pembayaran apapun via transfer melainkan dilakukan kepengurusannya di depan notaris.
Sekian saja dari saya semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment